SEKILAS INFO

     » Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Madiun
Jumat, 17 Mei 2019 - 21:28:16 WIB
PROFIL KOMODITAS KOPI KABUPATEN MADIUN

Diposting oleh : Dinas Pertanian dan Perikanan
Kategori: Bidang Perkebunan - Dibaca: 83 kali

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang paling akrab dengan masyarakat, mulai dari kalangan ekonomi atas sampai bawah. Hingga saat ini, selain kelapa sawit, karet, dan kakao, kopi masih menduduki komoditas andalan ekspor hasil perkebunan Indonesia. Kopi merupakan salah satu komoditi perkebunan yang diharapkan mampu meningkatkan nilai devisa ekspor Indonesia (Santoso,1999).

Data Statistik Komoditas Kopi Kabupaten Madiun

Berdasarkan hasil inventarisasi data produk unggulan daerah di Kabupaten Madiun  tahun 2018, kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang cukup berpotensi dengan luas area mencapai 458,6 hektar. Produksi kopi di kabupaten Madiun dapat mencapai 129,76 ton dengan produktivitas mencapai 769,63 kg/ha/tahun.

Wilayah Sentra Produksi Kopi Di Kabupaten Madiun 

Daerah sentra kopi di Kabupaten Madiun tersebar di empat kecamatan, diantaranya terutama di Kecamatan Kare, Kecamatan Gemarang, Kecamatan Dagangan dan Kecamatan Dolopo. Kualitas kopi di Kabupaten Madiun yang ditanam di lereng Gunung Wilis cukup baik tetapi sayangnya, mayoritas kopi Madiun masih dijual oleh petani dalam bentuk biji atau ose.

Perkebunan kopi di Kabupaten Madiun hampir seluruhnya diusahakan oleh rakyat, Komoditas kopi baik yang dihasilkan selain untuk dikonsumsi sendiri juga untuk memasok ke pasar-pasar dan beberapa daerah sekitar. Pada umumnya perkebunan kopi rakyat belum dikelola secara baik seperti pada perkebunan besar sehingga berbagai masalah muncul salah satunya yaitu masalah produktivitas. Produktivitas yang tinggi akan dicapai apabila semua faktor produksi dialokasikan secara optimal (Santoso, 1999).

 

GALERI FOTO